Terbaru

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Fotosintesis

Faktor faktor yang mempengaruhi fotosintesis
Proses fotosintesis yang terjadi pada tanaman sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal (dari dalam) atau faktor eksternal (dari luar). Faktor internal misalnya genetik, sedangkan faktor eksternal, antara lain suhu, cahaya, air, karbon dioksida, dan mineral.



     1. Faktor Genetik
Faktor genetik atau keturunan sangat menentukan aktivitas fotosintesis suatu tanaman. Hal ini disebabkan kondisi genetik yang berbeda akan menyebabkan perbedaan fasilitas fotosintesis pada setiap tanaman. Ada tanaman yang memiliki kandungan klorofil sangat banyak sehingga aktivitas fotosintesisnya juga akan sangat baik. Sebaliknya, ada tanaman yang kandungan klorofilnya sedikit sehingga aktivitas fotosintesisnya juga rendah.

     2. Suhu
Kita tahu bahwa untuk berlangsungnya proses fotosintesis diperlakukan enzim – enzim. Enzim dapat bekerja secara maksimal jika suhu lingkungannya optimum. Jika suhu di atas suhu optimum, laju fotosintesisnya berkurang karena aktivitas enzimnya makin lambat. Demikian pula, jika di bawah suhu optimum, laju fotosintesisnya akan berkurang karena aktivitas enzim juga berkurang.

     3. Cahaya
Untuk berlangsungnya fotosintesis mutlak diperlukan cahaya sebagai sumber energi. Faktor cahaya yang penting adalah lama pencahayaan, intensitas cahaya, serta panjang gelombang cahaya. Makin lama pencahayaan, makin banyak aktivitas fotosintesis yang dapat dilakukan. Makin tinggi intensitas cahaya, makin cepat laju fotosintesis suatu tanaman.

     4. Air
Reaksi yang terjadi di dalam fotosintesis adalah sintesis glukosa dari karbon dioksida. Tanpa air, reaksi fotosintesis tidak akan berlangsung. Karena air pada reaksi terang melalui proses fotolisis menjadi pemasok elektron yang berperan dalam fotofosforilasi pembentuk ATP dan NADPH. Di samping itu, jika kekurangan air, tanaman akan mengalami gangguan fisiologis yang dapat menghambat reaksi – reaksi metabolisme yang terjadi di dalam tanaman tersebut, termasuk proses fotosintesis.

     5. Karbon Dioksida
Seperti halnya air, karbon dioksida juga merupakan bahan baku untuk sintesis glukosa dalam fotosintesis. Karbon dioksida di udara akan difiksasi oleh tanaman, kemudian akan direduksi menjadi glukosa. Jika ketersediaan karbon dioksida di udara sedikit, proses fotosintesis tentunya juga akan berlangsung dengan lambat.

     6. Mineral
Mineral, seperti magnesium dan besi, berperan dalam menyusun molekul klorofil. Jika kekurangan mineral tersebut, tanaman akan kekurangan klorofil. Akibatnya, tanaman tersebut akan mengalami gangguan dalam melakukan fotosintesis.

0 Response to "Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Fotosintesis"