Terbaru

Definisi Atau Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan

Definisi Pertumbuhan Dan Perkembangan



A. Pertumbuhan
     Pertumbuhan pada suatu makhluk hidup dapat di artikan sebagai proses pertambahan biomassa atau ukuran (berat, volume, jumlah) yang sifatnya tetap dan irreversible (tidak bisa kembali ke posisi semula). Jadi pertumbuhan merupakan sebuah konsep kuantitatif yang berkaitan dengan massa suatu organisme.

B. Perkembangan
     Perkembangan dapat di artikan sebagai proses perubahan yang menyertai pertumbuhan. Perubahan itu meliputi perubahan bentuk dan tingkat kematangan makhluk hidup. Secara sedehrana, perkembangan merupakan proses perubahan menjadi dewasa. Dalam proses tersebut, terjadi diferensiasi sel (perubahan struktur dan fungsi sel), histogenesis (pembentukan jaringan), organogenesis (pembentukan organ), dan gametogenesis (pembentukan sel – sel kelamin).

     Proses pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh faktor internal (dari dalam organism itu sendiri) dan faktor eksternal (dari lingkungan). Pengaruh factor internal dan factor eksternal saling berinteraksi sehingga sulit untuk menentukan mana yang paling berpengaruh. Sebagai contoh, sulit untuk menentukan apakah cirri utama pertumbuhan, seperti tinggi tubuh, sebagian besar bersifat dipengaruhi oleh factor internal (gen) ataukah oleh factor eksternal (suplai makanan).

0 Response to "Definisi Atau Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan"