Terbaru

Faktor Eksternal (Hormon) Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan

Hormon merupakan faktor eksternal (Faktor dalam) yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Hormon tumbuhan antara lain terdiri dari : Auksin, Giberilin, Sitokinin, Asam Absisat, Gas Etilen.



   A. Auksin
     Hormon ini ditemukan oleh Fritz Went, seorang ahli fisiologi dari Belanda tahun 1928. Hormon auksin dihasilkan oleh tanaman pada daerah meristem seperti pucuk batang dan ujung akar. Auksin dapat pula dijumpai pada tunas, daun muda, bunga, ataupun buah. Hormon auksin paling dikenal adalah IAA (indole acetic acid) yang strukturnya mirip dengan struktur asam amino triptofan. IAA disintesis di meristem apical, daun daun muda, dan biji. Sifat hormone auksin adalah aktivitasnya dihambat oleh cahaya

   B. Giberilin
     Giberilin pertama kali ditemukan pada tahun 1926 oleh seorang ahli penyakit tanaman dari Jepang bernama E. Kurosawa. Hormon ini diisolasi dari jamur Gibberella fujikuroi yang merupakan parasit pada tanaman padi.

     Hormon Giberilin dapat ditemukan hamper pada semua bagian tanaman baik akar, batang, daun, bunga, maupun, buah.

   C. Sitokinin
     Hormon sitokinin ditemukan oleh ilmuwan Amerika bernama Folke Skoog pada tahun 1954. Ada beberapa macam sitokinin yang telah diketahui di antaranya kinetin, zeatin (pada jagung), dan benzyl amino purin (BAP). Sitokinin ditemukan hampir pada semua jaringan meristem.

   D. Asam Absisat (Abscisic Acid/ABA)
     Senyawa ini ditemukan pada tahun 1963 oleh P.F Wareing dan F.T. Addicott. Asam absisat dihasilkan oleh daun, ujung akar, dan batang serta diedarkan oleh jaringan pengangkut, Biji dan buah juga mengandung ABA dalam jumlah yang tinggi, tetapi tidak diketahui apakah ABA disintesis atau diedarkan ke biji dan buah. Asam absisat disebut juga ‘hormon stress’ karena memiliki sifat menghambat pertumbuhan tanaman.

   E. Etilen
     Etilen merupakan satu – satunya hormone yang berbentuk gas, tidak berwarna, dan berbau seperti eter. Etilen dihasilkan oleh ruas ruas batang, buah yang matang, dan jaringan yang menua, misalnya daun – daun yang gugur.

0 Response to "Faktor Eksternal (Hormon) Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan"